Referral Banners

bitcoin

Sunday, June 30, 2013

Mengatasi LCD Laptop Hitam Blank

Ada kalanya laptop mengalami masalah atau kerewelan. ini satu hal yang wajar jika di lihat dari seringnya penggunan. Kualitas daripada merk laptop juga mempengaruhi tingkat trouble serta umur dari Laptop atau notebook itu. LCD laptop berwarna putih atau hitam itu merupakan salah satu bagian dari permaslahan laptop yang sering di hadapi.
Dari berbagai merk yang terkenal adalah asus, toshiba, dell, lenovo kenapa di bilang terkenal karena dia mempunyai banyak spare part. atau kata lainnya untuk spare part mudah di dapat. bukankah lebih baik membeli laptop harga agak mahal tapi spare part murah daripada laptop murah namun spare part jarang?



Ada bebrapa permaslahan atau faktor yang menyebabkan diantaranya ialah :
1. Cek dengan monitor lain
 Langkah awal dimana kecurigaan ada pada lcd atau led. Coba sambungkan port vga ke monitor atau lcd desktop sehingga tahu apakah memang displaynya yang rusak atau justru ada yang lain.
Penting : led power menyala, kipas menyala .

Ciri ciri dimana bukan display atau layar yang mati ialah di monitar lain juga tidak ada tampilan sama sekali akan tetapi ada indikasi lapu power menyala dan fan laptop masih terus berputar walau tidak ada tampilan sama sekali.

2. Mengganti ram
 Kasus yang sama sering terjadi dimana tidak muncul gambar namun cpu menyala dengan baik. langkah nomor satu sudah saya coba namun gagal. akhirnya saya coba utnuk mencari tahu apakah ram yang di pakai sudah rusak. ketika saya bongkar ram ternyata da satu pin yang rusak. saya ganti dengan ram lain yaitu DDR3 bisa menyala di monitor lain.

 Ketelah itu saya ceck di display laptopnya tenryata sama alais bisa muncul windowsnya. syukrlah kasus ini sudah terselesaikan. pengguna pasti senang jika service cepat jadi bergaransi pastinya dengan ganti ram langsng bisa menyla lagi.

3. Cek inverter atau kabel flexibel
 Kalau ganti ram sudah di lakukan akan tetapi di monitor tidak ada tanda tanda membaik maka bisa di pastikan ada gangguan pada kabel flexibel. coba buka dan ceck pada bagian led laptop. untuk bebreapa type laptop harus bongkar total akan tetapi untuk acer type aspire netbook biasanya hanya perlu membuka dua buah sekrup dan bisa di buka.

Pastikan untuk kabel sudha terpasang dengan baik serta tidak mudah goyang. jika sudah coba nyalakan netbook kembali. maslah yang saya alami dengan cara ini bisa teratasi. bila ragu akan kemungkinan goyang atau tidak maka gunakan sebuah isolator atau selotip untuk merekatkan.

4.periksa backlight lcd atau led
Jika solusi nomor 3 masih belum berhsil juga, berhasil dengan catatan nyala di monitor lain dan nyala di lcd laptop tpai gelap. ini di karenakan backlight sudah lemah. akan menyala bil;a di tekan tombol fn+f1 sampai f12 biasnaya di tombol ada gambar icon cahaya.

 Tekan tombol 2 itu secara bersamaan jika bisa normal berarti memang backlight yang sudah lemah. nantinya akan mati total sebaiknya ganti backlightnya. Namun untuk laptop keluaran terbaru sudah menggunakan led tidak menggunakan back light seperti pada lcd.

 Itulah 4 analisis menghadapai lcd atau laptop yang hitam, hitam kerena mati total atau juga hitam hitam kerena tak ada lampu.

Semoga bisa membantu......




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More